Cari ...

Jumat, 31 Juli 2009

KOMUNIKASI

FUNGSI KOMUNIKASI
Fungsi utama komunikasi :
1. Pengendalian
Komunikasi berfungsi mengendalikan anggota dengan beberapa cara.
2. Motivasi
Komunikasi memperkuat motivasi dengan menjelaskan apa yang harus dilaksanakan, seberapa baik bekrerja, dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja yang di bawah standar.
3. Pengungkapan emosi
Komunikasi memfasilitasi pelepasan ungkapan emosi perasaan dan pemenuhan kebutuhan social.
4. Informasi
Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan melalui penyampaian data guna mengenali dan mengevaluasi pilihan-pilihan alternative.


PROSES KOMUNIKASI








Pesan disampaikan dari sumber (pengirim) ke penerima, pesan dikodekan (diubah dalam bentuk simbolik), diteruskan melalui sejumlah medium (saluran) ke penerima, yang menerjemahkan ulang (decoding) pesan yang dimulai pengirim. Hasilnya adalah pentransferan makna dari satu orang ke orang lain.

ARAH KOMUNIKASI
Ke Bawah
• Komunikasi ini mengalir dari satu tingkat dalam organisasi ke tingkat yang lebih bawah.
• Pola ini digunkan pemimpin/ manajer untuk menetapkan sasaran, instruksi, memberi informasi kebijakan dan prosedur ke bawahan, menunjukkan masalah yang perlu perhatian dan umpan balik tentang kinerja.
• Komunikasi dapat secara lisan maupun tertulis.

Ke Atas
• Komunikasi mengalir ke tingkat yang lebih tinggi dalam sebuah organisasi.
• Digunakan untuk memberi umpan balik ke atasan dan menyampaikan informasi serta permasalahan yang dihadapi.

Horisontal
• Komunikasi terjadi diantara anggota kelompok kerja yang sama, pada tingkat yang sama/ yang secara horizontal ekuivalen.
• Diperlukan untuk menghemat waktu dan koordinasi.


KOMUNIKASI ANTAR-PRIBADI
Ada 3 metode dasar penyampaian makna antar-pribadi, yaitu :
1. Komunikasi Lisan
• Merupakan sarana utama menyampaikan pesan.
• Bentuk Populernya
o Percakapan 2 orang
o Diskusi kelompok
o Desas-desus informal
• Keuntungannya adalah kecepatan dan umpan balik yang dihasilkan.
• Kerugiannya adalah adanya distorsi jika pesan itu harus melewati banyak orang.

2. Komunikasi Tertulis
• Mencakup memo, surat, email, laporan berkala dll.
• Alas an komunikasi tertulis :
o Karena berwujud dan dapat dibuktikan.
o Dapat disimpan dalam waktu yang tidak terbatas, sehingga dapat dijadikan referensi.
o Lebih cermat dalam penyampaian pesan sehingga bias dipikirkan dengan lebih baik, logis dan jelas.
• Kelemahan :
o Memakan waktu lebih lama
o Tidak membengun mekanisme umpan balik yang efektif dan efisien.

3. Komunikasi Non Verbal
• Komunikasi ini mencakup gerakan tubuh, intonasi, ekspresi wajah, dan jarak fisik antara pengirim dan penerima.
• Pesan penting yang disampaikan bahasa tubuh adalah :
• Sejauh mana individu menyukai dan berminat terhadap pandangan dan pemikiran orang lain.
• Status yang lebih diterima antara pengirim dan penerima.


KOMUNIKASI ORGANISASI
 Jaringan Kelompok-Kecil Formal
 Rantai :
 Secara tegas mengikuti rantai komando
 Dapat ditemukan dalam organisasi dengan tiga tingkatan yang kaku
 Memudahkan munculnya pemimpin
 Roda :
 Mengandalkan tokoh sentral sbg saluran pusat utk semua komunikasi kelompok
 Dapt ditemukan pada tim dengan pemimpin yang kuat
 Ketepatan (akurasi) dianggap penting
 Semua-saluran :
 Memungkinkan semua anggota kelompok aktif saling berkomunikasi.
 Sering dicirikan dalam tim swa kelola.
 Memperhatikan kepuasan angota

 Selentingan
 System informasi informal
 Karakteristik utama :
1. tdk dikendalikan manajemen
2. dipersepsikan sbg yang dipercaya dan diandalkan daripada komunikasi formal
3. digunakan utk melayani kepentingan2 sendiri
 Menunjukaan ke manajer isu2 yg membingungkan bagi karyawan yg dianggap penting dan menimbulkan kecemasan
 Dapat bertindak sebagai filter dan sbagai mekanisme umpan balik
 Kemungkinan menganalisis selentingan dan meramalkan arahnya
 Manajer sedapat mungkin harus mengurangi konsekuensi negatif dari selentingan dengan membatasi jangkauan dan dampaknya.


 Komunikasi dengan bantuan computer
 E-mail
- Surat elektronik yg menggunakan internet utk mengirim dan menerima teks serta dokumen hasil computer.
- Manfaat :
1. cepat ditulis, diedit dan disimpan
2. dapat didistribusikan ke ribuan orang dg mudah
3. biaya murah
- Kelemahan : berlebihnya informasi yang didapatkan
 Intranet dan Ekstranet
- Intranet : jaringan informasi privat di sebuah organisasi
- Ektranet : jaringan komunikasi internal dengan pihak luar tertentu
 Konferensi Video
- Memungkinkan melakukan pertemuan/ komunikasi dengan dari lokasi yang berbeda.
Komunikasi dg bantuan komputer membentuk kembali cara kita berkomunikasi dlm organisasi.
Tapal batas organisasi menjadi kurang relevan sbg akibat dari komunikasi dg bantuan komputer.

PILIHAN SALURAN KOMUNIKASI
 Tiap saluran memiliki kapasitas berbeda utk menyampaikan informasi
 Penentuan saluran bergantung pada rutin tidaknya suatu pesan

HAMBATAN KOMUNIKASI EFEKTIF
 Penyaringan
o Memanipulasi informasi shg tampak menguntungkan penerima
 Persepsi Selektif
o Kita tidak melihat realitas, tp menafsirkan apa yg kita liat & menyebutnya sbg realitas.

 Informasi Berlebih
o Informasi yg berlebih cenderung akan diseleksi bahkan diabaikan
 Emosi
o Perasaan dpt mempengaruhi komunikasi & cara menginterpretasikannya.
 Bahasa
o Bahasa/kata dpt memiliki arti yg ber-beda2 bagi orang yg berbeda
o Usia, pendidikan&budaya adl variabel penting yg mempengaruhi penggunaan bahasa.
 Kegelisahan Komunikasi
o Kecemasan berbicara

ISU2 DLM KOMUNIKASI
 Penghalang Komunikasi Antara Pria & Wanita
o Pria menggunakan pembicaraan utk menekankan status, sedang wanita utk menciptakan koneksi (Tannen)

 Diam sbg Komunikasi
o Tdk adanya pembicaraan/suara, tp bukan berarti tdk ada tindakan.
o Diam memiliki banyak arti
 Mengimplikasikan kesepakatan dg mayoritas
 Ekspresi ketidakpuasan
 Tanda sedang terganggu
 Mengisyaratkan tanda tdk senang

 Komunikasi yg “Benar Secara Politis”
o Memodifikasi perbendaharaan kata utk mencerminkan ketepatan politis.
o Politisasi bahasa dpt merintangi kejelasan komunikasi

 Komunikasi Lintas Budaya
o Hambatan Budaya
 Semantik
 Konotasi kata
 Perbedaan nada
 Beda persepsi
o Konteks Budaya
 Budaya cenderung berbeda mengenai pengaruh pentingnya konteks thd makna yg dimaksud dari perkataan/tulisan.

 Panduan Budaya
o Mencoba menilai konteks budaya merupakan panduan utk mengurangi salah persepsi, salah tafsir dan salah evaluasi.
o 4 kaidah lainnya yg membantu
 Asumsikn ada perbedaan sampai terbukti ada persamaan
 Tekankan penjelasan bukan tafsiran atau evaluasi
 Empati
 Penafsiran sbg hipotesa kerja

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com