FUNGSI KOMUNIKASI
Fungsi utama komunikasi :
1. Pengendalian
Komunikasi berfungsi mengendalikan anggota dengan beberapa cara.
2. Motivasi
Komunikasi memperkuat motivasi dengan menjelaskan apa yang harus dilaksanakan, seberapa baik bekrerja, dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja yang di bawah standar.
3. Pengungkapan emosi
Komunikasi memfasilitasi pelepasan ungkapan emosi perasaan dan pemenuhan kebutuhan social.
4. Informasi
Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan melalui penyampaian data guna mengenali dan mengevaluasi pilihan-pilihan alternative.
PROSES KOMUNIKASI
Pesan disampaikan dari sumber (pengirim) ke penerima, pesan dikodekan (diubah dalam bentuk simbolik), diteruskan melalui sejumlah medium (saluran) ke penerima, yang menerjemahkan ulang (decoding) pesan yang dimulai pengirim. Hasilnya adalah pentransferan makna dari satu orang ke orang lain.
ARAH KOMUNIKASI
Ke Bawah
• Komunikasi ini mengalir dari satu tingkat dalam organisasi ke tingkat yang lebih bawah.
• Pola ini digunkan pemimpin/ manajer untuk menetapkan sasaran, instruksi, memberi informasi kebijakan dan prosedur ke bawahan, menunjukkan masalah yang perlu perhatian dan umpan balik tentang kinerja.
• Komunikasi dapat secara lisan maupun tertulis.
Ke Atas
• Komunikasi mengalir ke tingkat yang lebih tinggi dalam sebuah organisasi.
• Digunakan untuk memberi umpan balik ke atasan dan menyampaikan informasi serta permasalahan yang dihadapi.
Horisontal
• Komunikasi terjadi diantara anggota kelompok kerja yang sama, pada tingkat yang sama/ yang secara horizontal ekuivalen.
• Diperlukan untuk menghemat waktu dan koordinasi.
KOMUNIKASI ANTAR-PRIBADI
Ada 3 metode dasar penyampaian makna antar-pribadi, yaitu :
1. Komunikasi Lisan
• Merupakan sarana utama menyampaikan pesan.
• Bentuk Populernya
o Percakapan 2 orang
o Diskusi kelompok
o Desas-desus informal
• Keuntungannya adalah kecepatan dan umpan balik yang dihasilkan.
• Kerugiannya adalah adanya distorsi jika pesan itu harus melewati banyak orang.
2. Komunikasi Tertulis
• Mencakup memo, surat, email, laporan berkala dll.
• Alas an komunikasi tertulis :
o Karena berwujud dan dapat dibuktikan.
o Dapat disimpan dalam waktu yang tidak terbatas, sehingga dapat dijadikan referensi.
o Lebih cermat dalam penyampaian pesan sehingga bias dipikirkan dengan lebih baik, logis dan jelas.
• Kelemahan :
o Memakan waktu lebih lama
o Tidak membengun mekanisme umpan balik yang efektif dan efisien.
3. Komunikasi Non Verbal
• Komunikasi ini mencakup gerakan tubuh, intonasi, ekspresi wajah, dan jarak fisik antara pengirim dan penerima.
• Pesan penting yang disampaikan bahasa tubuh adalah :
• Sejauh mana individu menyukai dan berminat terhadap pandangan dan pemikiran orang lain.
• Status yang lebih diterima antara pengirim dan penerima.
KOMUNIKASI ORGANISASI
Jaringan Kelompok-Kecil Formal
Rantai :
Secara tegas mengikuti rantai komando
Dapat ditemukan dalam organisasi dengan tiga tingkatan yang kaku
Memudahkan munculnya pemimpin
Roda :
Mengandalkan tokoh sentral sbg saluran pusat utk semua komunikasi kelompok
Dapt ditemukan pada tim dengan pemimpin yang kuat
Ketepatan (akurasi) dianggap penting
Semua-saluran :
Memungkinkan semua anggota kelompok aktif saling berkomunikasi.
Sering dicirikan dalam tim swa kelola.
Memperhatikan kepuasan angota
Selentingan
System informasi informal
Karakteristik utama :
1. tdk dikendalikan manajemen
2. dipersepsikan sbg yang dipercaya dan diandalkan daripada komunikasi formal
3. digunakan utk melayani kepentingan2 sendiri
Menunjukaan ke manajer isu2 yg membingungkan bagi karyawan yg dianggap penting dan menimbulkan kecemasan
Dapat bertindak sebagai filter dan sbagai mekanisme umpan balik
Kemungkinan menganalisis selentingan dan meramalkan arahnya
Manajer sedapat mungkin harus mengurangi konsekuensi negatif dari selentingan dengan membatasi jangkauan dan dampaknya.
Komunikasi dengan bantuan computer
E-mail
- Surat elektronik yg menggunakan internet utk mengirim dan menerima teks serta dokumen hasil computer.
- Manfaat :
1. cepat ditulis, diedit dan disimpan
2. dapat didistribusikan ke ribuan orang dg mudah
3. biaya murah
- Kelemahan : berlebihnya informasi yang didapatkan
Intranet dan Ekstranet
- Intranet : jaringan informasi privat di sebuah organisasi
- Ektranet : jaringan komunikasi internal dengan pihak luar tertentu
Konferensi Video
- Memungkinkan melakukan pertemuan/ komunikasi dengan dari lokasi yang berbeda.
Komunikasi dg bantuan komputer membentuk kembali cara kita berkomunikasi dlm organisasi.
Tapal batas organisasi menjadi kurang relevan sbg akibat dari komunikasi dg bantuan komputer.
PILIHAN SALURAN KOMUNIKASI
Tiap saluran memiliki kapasitas berbeda utk menyampaikan informasi
Penentuan saluran bergantung pada rutin tidaknya suatu pesan
HAMBATAN KOMUNIKASI EFEKTIF
Penyaringan
o Memanipulasi informasi shg tampak menguntungkan penerima
Persepsi Selektif
o Kita tidak melihat realitas, tp menafsirkan apa yg kita liat & menyebutnya sbg realitas.
Informasi Berlebih
o Informasi yg berlebih cenderung akan diseleksi bahkan diabaikan
Emosi
o Perasaan dpt mempengaruhi komunikasi & cara menginterpretasikannya.
Bahasa
o Bahasa/kata dpt memiliki arti yg ber-beda2 bagi orang yg berbeda
o Usia, pendidikan&budaya adl variabel penting yg mempengaruhi penggunaan bahasa.
Kegelisahan Komunikasi
o Kecemasan berbicara
ISU2 DLM KOMUNIKASI
Penghalang Komunikasi Antara Pria & Wanita
o Pria menggunakan pembicaraan utk menekankan status, sedang wanita utk menciptakan koneksi (Tannen)
Diam sbg Komunikasi
o Tdk adanya pembicaraan/suara, tp bukan berarti tdk ada tindakan.
o Diam memiliki banyak arti
Mengimplikasikan kesepakatan dg mayoritas
Ekspresi ketidakpuasan
Tanda sedang terganggu
Mengisyaratkan tanda tdk senang
Komunikasi yg “Benar Secara Politis”
o Memodifikasi perbendaharaan kata utk mencerminkan ketepatan politis.
o Politisasi bahasa dpt merintangi kejelasan komunikasi
Komunikasi Lintas Budaya
o Hambatan Budaya
Semantik
Konotasi kata
Perbedaan nada
Beda persepsi
o Konteks Budaya
Budaya cenderung berbeda mengenai pengaruh pentingnya konteks thd makna yg dimaksud dari perkataan/tulisan.
Panduan Budaya
o Mencoba menilai konteks budaya merupakan panduan utk mengurangi salah persepsi, salah tafsir dan salah evaluasi.
o 4 kaidah lainnya yg membantu
Asumsikn ada perbedaan sampai terbukti ada persamaan
Tekankan penjelasan bukan tafsiran atau evaluasi
Empati
Penafsiran sbg hipotesa kerja
Mengenai Saya
Labels
Cari ...
Jumat, 31 Juli 2009
KOMUNIKASI
Diposting oleh Catur di 10.43
Label: Perilaku Organisasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar